Teori Belajar Matematika Menurut Teori Belajar Bruner

Teori Belajar Matematika Menurut Teori Belajar Bruner
Teori Belajar Matematika Menurut Teori Belajar Bruner
Dalam teori belajar Bruner yang diberi teori perkembangan belajar, Jerome SB Bruner menekankan pada proses belajar mengunakn model yaitu individu yang belajar mengalami sendiri apa yang dipelajarinya agar proses tersebut yang direkam dalam pikirannya dengan caranya sendiri.

Pada teori belajar Bruner membagi proses belajar dalam tiga tahapan, yaitu

1. Tahap Enactive

Pada tahap enactive siswa belajar konsep melalui benda nyata atau mengalami langsung peristiwa disekitarnya. Contoh untuk memahami konsep operasi pengurangan bilangan cacah sepuluh kurang lima, mereka mengeluarkan pengalaman mengambil atau membuang 5 benda dari 10 benda lalu menghitung sisanya.

2. Tahap Iconic

Pada tahap iconic, siswa tidak bisa mengubah, menandai dan menyimpan benda nayata atau peristiwa dalam bentuk bayangan mental dibenaknya. Siswa tidak memanipulasi langsung objek-objek konkret seperti pada tahap enactive melainkan sudah dapat memanipulasi dengan memakai gambaran dari objek-objek yang dimaksud.

3. Tahap Symbolic

Pada tahap symbolic siswa sudah dapat menyatakan bayangan mentalnya dalam bentuk simbol dan bahasa, sehingga mereka sudah memahami simbo-simbol dan menjelaskan dengan bahasanya. Contoh 1+2 = ... atau 1 pensil + 2 pensil  = .... pensil.

Perlu kita ketahui bersama teori bejar matematika menurut Bruner ini sudah sering diterapkan di sekolah-sekolah.
Show Comments