Teori Belajar Matematika Menurut Teori Belajar Jean Piaget

Teori Belajar Matematika Menurut Teori Belajar Jean Piaget
Teori Belajar Matematika Menurut Teori Belajar Jean Piaget
Teori belajar Jean Piaget sering disebut dengan teori perkembangan mental anak atau teori tingkat perkembangan berpikir anak. Dalam teori belajar Jean Piaget, tahapan berpikir dibagi menjadi empat yaitu

1. Tahap sensori motorik yaitu usia kurang dari 2 tahun

2. Tahap praoperasi yaitu usia 2 sampai 6 tahun

3. Tahap operasi konkret yaitu usia 7 sampai 11 tahun 

4. Tahap operasi formal yaitu 11 tahun ke atas

Pada siswa SD/MI pada umumnya berada pada rentang usia 7 sampai 12 tahun, sehingga terletak pada tahap operasional konkret, dan siswa pada usia ini berada pada operasi konkret sebab berpikir logikanya didasarkan pada manipulasi fisik benda - benda konkret. Oleh karena itu pembelajaran matematika dibuat konkret atau pengalaman langsung dialaminya.

Misalnya untuk memahami suatu konsep tentang kucing maka perlu dihadirkan benda kucing atau gambar kucing, demikian juga untuk memahami suatu konsep matematika siswa memerlukan bantuan manipulasi benda - benda konkret yang relavan sebagai pengalaman langsung.

Contoh untuk memahami konsep penjumlahan bilangan cacah 4+5 perlu memahami langsung dengan menggabungkan 4 kelompok benda ( 4 gambar ) dengan 5 kelompok benda ( 5 gambar benda ) menjadi kelompok yang baru. Atau dapat juga dilakukan dengan permainan beregu ular naga panjangnya atau bis kota.

Sementara untuk siswa kelas 1 SD selain berada pada operasi konkret juga masih ada yang berada pada tahap pra operasi konkret di mana mereka belum memahami hukum kekekalan yaitu kekekalan bilangan, ( banyaknya benda akan tetap walaupun letaknya diubah - ubah).

Misalnya air yang sama banyaknya akan tetapi bila dituangkan ke dalam gelas pertama berciri pendek dan lebar dengan gelas kedua berciri tinggi dan kecil siswa akan mengatakan air itu tidak sama banyaknya maka dapat dikatakan mereka belum memahami hukum kekekalan bilangan.

Dengan demikian mereka belum siap mempelajari konsep operasi bilangan. Konsep-konsep operasi ini adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
Show Comments