Strategi Pembelajaran Aktif Teks Acak dengan Langkah - Langkahnya

Dalam strategi pembelajaran teks acak pada umumnya sangat baik digunakan untuk pelajaran bahasa, mengapa demikian karena judulnya saja sudah terlihat teks acak maka strategi ini lebih cocok digunakan saat pelajaran yang menggunakan teks bacaan dan adanya teks bacaan pada umumnya terdapat dalam pelajaran bahasa.

Langkah - Langkah Menggunakan Strategi Pembelajaran Teks Acak

1. Pilih bacaan yang akan disampaikan 

2. Potongan bacaan tersebut menjadi beberapa bagian. Potongan bisa dilakukan per kalimat, atau per dua kalimat

3. Bagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil

4. Beri setiap kelompok satu bacaan utuh yang sudah dipotong - potong 

5. Tugas peserta didik yaitu menyusun bacaan sehingga dapat dibaca dengan urut

6. Pelajari teks bacaan dengan peserta didik, dengan cara yang kita kehendaki

Contoh Teks Bacaan 

Ali also was working a long way from home, wanted to send a letter to his wife but he could neither read nor write, and be had to work all day so be could only look for somebody to write his letter late at night.

At last he found the house of a letter writer whose name wes Nasreddin 

Nasreddin was already in bed. It is late he said 

What do you want ? Nasreddin was not pleased 

I want you to write a letter to my wife, said Ali 

He thought for a few second and then said, He she letter go to go far?

What does that matter? answered Ali 

Well, my writing is so strange that only I can read it, and if I have to travel a long way to read your letter to your wife, it will  cost you a lot of money 

Ali went away quickly

Pada bacaan di atas sudah dipisahkan sesuai dengan potongan - potongan yang akan dibagikan kepada peserta didik. Jika dianggap terlalu sulit, pemotongan teks dapat dilakukan lebih sedikit, atau jika terlalu mudah pemotongan ditambah. Oke semoga bermanfaat 
Show Comments