Strategi Pembelajaran Aktif " Assessment Search " ( Strategi Menilai Kelas )

Strategi assessment search atau strategi pembelajaran menilai kelas merupakan salah satu strategi pembelajaran yang cukup menarik untuk menilai kelas dalam waktu yang cepat dan sekaligus melibatkan peserta didik sejak awal pertemuan untuk saling mengenal dan bekerjasama.

Langkah - Langkah Penggunaan Strategi Pembelajaran Assessment Search ( Menilai Kelas )

1. Langkah pertama buatlah 3 atau 4 pertanyaan untuk mengetahui kondisi kelas. Pertanyaan - pertanyaan tersebut dapat berupa 

- Pengetahuan peserta didik terhadap materi 
- Sikap peserta didik terhadap pelajaran 
- Pengalaman peserta didik yang ada hubungannya dengan materi pelajaran 
- Keterampilan yang telah peserta didik peroleh 

- Latar belakang peserta didik 

- Harapan yang ingin didapat peserta didik dari pelajaran 

Tulislah pertanyaan - pertanyaan tersebut sehingga dapat dijawab secara kongkrit. Hindari pertanyaan terbuka 

2. Langkah kedua bagi peserta didik menjadi kelompok - kelompok kecil terdiri dari 3 atau 4 orang tergantung pada jumlah soal yang dibuat. Beri masing - masing peserta didik satu pertanyaan dan minta masing - masing untuk menginterview teman satu grup untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dia miliki 

3. Langkah ketiga pastikan bawah peserta didik mempunyai pertanyaan sesuai dengan bagiannya. Dengan demikian, jika jumlah peserta didik 18 yang dibagi menjadi kelompok tiga, maka akan ada 6 orang yang mempunyai pertanyaan yang sama 

4. Langkah keempat Mintalah masing - masing kelompok untuk menyeleksi dan meringkas data yang ada 

5. Langkah kelima minta masing - masing kelompok untuk melaporkan apa yang telah mereka pelajari dari temannya ke kelas 

Catatan yang harus diperhatikan 

1. Peserta didik dapat diminta untuk membuat pertanyaan sendiri 

2. Dengan pertanyaan yang sama, buat peserta didik berpasangan dan menginterview pasangannya secara bergantian 

3. Minta peserta didik melaporkan hasilnya ke kelas

4. Semoga bermanfaat 
Show Comments