1. Jumlah peserta didik
Pastikan tersedia ruang yang cukup sebelum role-play dimulai, dan ceklah bahwa ada peran yang tersedia atau tugas - tugas observasi bagi semua peserta didik
2. Apa yang diketahui peserta didik tentang materi.
Maksudnya yaitu peserta didik membutuhkan informasi yang cukup berbagai peran dan skenario yang akan menjadi dasar diskusi, pemeran dan refleksi mereka. Bagaimana cara informasi ini akan diberikan
3. Pengalaman terdahulu tentang role-play
Maksudnya yaitu peserta didik yang lebih berpengalaman mungkin dapat menghendel peran-peran yang lebih kompleks, sementara peserta didik yang memiliki pengalaman negatif membutuhkan kepastian dan dukungan yang lebih besar
4. Kelompok umur
Maksudnya yaitu peran yang berbeda mungkin menuntut tingkat pengalaman hidup yang berbeda pula. Role-play menuntut pentingnya hubungan dengan pengalaman hidup peserta didik
5. Latar belakang peserta
Maksudnya yaitu terdapat kebutuhan untuk mengetahui pengalaman masa lalu dan pengalaman role-play peserta didik yang dapat mempengaruhi persepsi tentang peran - peran tersebut
6. Minat dan kemampuan
Maksudnya yaitu sangat bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana minat dan kemampuan peserta didik bersesuaian dengan materi yang akan dieksplorasi melalui role-play. Peserta didik akan membawa sekumpulan pengalaman, sikap, kepercayaan dab agenda yang mereka miliki ke dalam sesi role-play
7. Kemampuan peserta didik untuk berkolaborasi
Maksudnya yaitu sangat bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dapat bekerja sama dalam berpasangan, kelompok atau dalam keseluruhan kelas. Kerjasama yang bagaimana yang memungkinkan bagi mereka.