7 Hal Penting Mengenal Peserta Didik Bagi Para Guru Dan Dosen Dalam Menjalankan Strategi Role - Play

1. Jumlah peserta didik

Pastikan tersedia ruang yang cukup sebelum role-play dimulai, dan ceklah bahwa ada peran yang tersedia atau tugas - tugas observasi bagi semua peserta didik

2. Apa yang diketahui peserta didik tentang materi.

Maksudnya yaitu peserta didik membutuhkan informasi yang cukup berbagai peran dan skenario yang akan menjadi dasar diskusi, pemeran dan refleksi mereka. Bagaimana cara informasi ini akan diberikan 

3. Pengalaman terdahulu tentang role-play 

Maksudnya yaitu peserta didik yang lebih berpengalaman mungkin dapat menghendel peran-peran yang lebih kompleks, sementara peserta didik yang memiliki pengalaman negatif membutuhkan kepastian dan dukungan yang lebih besar 

4. Kelompok umur 

Maksudnya yaitu peran yang berbeda mungkin menuntut tingkat pengalaman hidup yang berbeda pula. Role-play menuntut pentingnya hubungan dengan pengalaman hidup peserta didik 

5. Latar belakang peserta 

Maksudnya yaitu terdapat kebutuhan untuk mengetahui pengalaman masa lalu dan pengalaman role-play peserta didik yang dapat mempengaruhi persepsi tentang peran - peran tersebut 

6. Minat dan kemampuan 

Maksudnya yaitu sangat bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana minat dan kemampuan peserta didik bersesuaian dengan materi yang akan dieksplorasi melalui role-play. Peserta didik akan membawa sekumpulan pengalaman, sikap, kepercayaan dab agenda yang mereka miliki ke dalam sesi role-play 

7. Kemampuan peserta didik untuk berkolaborasi 

Maksudnya yaitu sangat bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dapat bekerja sama dalam berpasangan, kelompok atau dalam keseluruhan kelas. Kerjasama yang bagaimana yang memungkinkan bagi mereka.
Show Comments