Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is a Teacher Here ( Semua Bisa Jadi Guru )

Pada Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is a Teacher Here ( Semua Bisa Jadi Guru ) ini pada dasarnya sangat tepat untuk peserta didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara aktif.

Strategi ini sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individu dan strategi ini memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya.

Langkah - Langkah Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is a Teacher Here ( Semua Bisa Jadi Guru ) yaitu sebagai berikut 

1. Langkah pertama bagikan kertas atau kartu indeks kepada seluruh peserta didik. Kemudian mintalah peserta didik untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari di kelas

2. Langkah kedua kumpulan kertas atau kartu indeks dan acaklah kertas tersebut, kemudian bagikan kepada setiap peserta didik. Pastikan bahwa tidak ada peserta didik yang menerima soal yang ditulis sendiri. Minta mereka untuk membaca dalam hati pertanyaan dalam kertas tersebut kemudian memikirkan jawabannya.

3. Langkah ketiga mintalah peserta didik secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan jawabannya 

4. Langkah keempat setelah jawaban diberikan, mintalah peserta didik lainnya untuk menambahkan

5. Langkah kelima lanjutkan dengan sukarelawan berikutnya 

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan strategi everyone is a Teacher here yaitu

1. Kumpulkan kertas tersebut kemudian siapkan panelis yang akan menjawab pertanyaan tersebut. Bacakan setiap kertas dan diskusikan. Selanjutnya gantilah panelis secara bergantian 

2. Minta peserta didik untuk menuliskan dalam kertas tersebut pendapat dan hasil pengamatan mereka tentang materi pelajaran yang diberikan.
Show Comments