Penilaian portofolio merupakan penilaian berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. Informasi tersebut dapat berupa karya peserta didik dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik oleh peserta didik, hasil tes atau bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi tertentu dalam satu mata pelajaran
Penilaian portofolio pada dasarnya menilai karya-karya peserta didik secata individual pada satu periode untuk suatu mata pelajaran. Akhir suatu periode hasil karya dikumpulkan dan dinilai oleh guru dan peserta didik sendiri. Berdasarkan informasi perkembangan tersebut, guru da peserta didik sendiri dapat menilai perkembangan kemampuannya peserta didik dan terus melakukan perbaikan.
Dengan demikian, portofolio dapat memperlihatkan perkembangan kemajuan belajar peserta didik melalui karyanya, misalnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, seperti puisi, karangan dan surat.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pedoman dalam penggunaan penilaian portofolio di sekolah antara lain
1. Karya peserta didik benar-benar karya peserta didik itu sendiri
Dalam hal ini guru melakukan penelitian atas hasil karya peserta didik yang dijadikan bahan penilaian portofolio untuk melihat keaslian karya
2. Saling percaya antara guru dan peseta didik
Dalam hal ini guru dan peserta didik harus memiliki rasa saling percaya, saling memerlukan dan saling membantu sehingga terjadi proses belajar yang baik
3. Kerahasiaan antara guru dan peserta didik
Dalam hal ini kerahasian hasil pengumpulan informasi tentang perkembangan peserta didik perlu dijaga dengan baik dan tidak disampaikan kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan agar tidak member dampak negative pada proses belajar peserta didik
4. Milik bersama antara peserta didik dan guru
Dalam hal ini guru dan peserta didik mempunyai rasa memiliki berkas portofolio sehingga peserta didik akan merasa meiliki karya yang dikumpulkan dan akhirnya akan berupaya terus meningkatkan kemampuannya
5. Kepuasan
Dalam hal ini hasil kerja portofolio sebaiknya berisi keterangan dan atau bukti yang memberikan dorongan peserta didik untuk lebih meningkatkan diri, sehingga peserta didik dan guru merasa puas oleh karyanya
6. Keseuaian
Dalam hal ini hasil kerja yang dikumpulkan yaitu hasil kerja yang sesuai dengan kompetensi yang tercantum dalamkurikulum
7. Penilaian proses dan hasil
Dalam hal ini penilalain portofolio merupakan prinsipproses dan hasil. Proses belajar yang dinilai diperoleh dari catatan guru tentang kinerja dan karya peserta didik
8. Penilaian dan pembelajaran
Dalamhal ini penilaian portofolio merupakan hal yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Manfaat utama penilaian ini sebagai diagnostic yang sangat berarti bagi guru untuk melihat kelebihan dan kekurangan peserta didik