Fungsi Penilaian Kelas
1. Menjadi gambaran sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi
2. Sebagai alat evaluasi hasil belajar peserta didik dalam rangka membantu peserta didik memahami dirinya, membuat keputusan tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan kepribadian maupun untuk penjurusan
3. Dapat menjadi dokumen pendeteksi kesulitan belajar dan kemungkinan potensi yang bisa dikembangkan peserta didik, dan sebagai alat diagnosis yang membantu guru memantau apakah seorang perlu remedial atau pengayaan
4. Sebagai cara untuk melihat kelemahan dan kekurangan proses pembelajaran yang sedang berlangsung guna perbaikan proses pembelajaran berikutnya
5. Sebagai alat kotro guru dan sekolah tentang kemajuan perkembangan peserta didik.
Manfaat Penilaian Kelas
1. Dapat memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatan dan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi pembelajaran
2. Dapat memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik sehingga bisa dilakukan pengayaan atau remidi
3. Sebagai umpan balik guru dalam memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar
4. Sebagai masukan guru untuk merancang kegiatan belajar kedepan
5. Dapat memberikan informasi kepada orangtua dan komite tentang efektivitas pembelajaran di kelas
6. Dapat member umpan balik bagi pengmbil kebijakan dalam merancang kebijakan bagi peningkatan kualitas pendidikan di daerah masing-masing