Teknik penilaian portofolio di dalam kelas memerlukan langkah-langkah sebagai berikut
1. Jelaskan kepada peserta didik bahwa penggunaanportofolio tidak hanya merupakan kumpulan hasil kerja peserta didik yang digunakan oleh guru untuk penilaian, tetapi digunakan juga oleh peserta didik sendiri. Dengan melihat portofolionya, peserta didik dapat mengetahui kemampuan, keterampilan, dan minatnya. Proses ini tidak akan terjadi secara spontan, tetapi membutuhkan waktu bagi peserta didik untuk belajar meyakini hasil penilaian mereka sendiri
2. Tentukan contoh-contoh portofolio apa saja yang akan dibuat bersama peserta didik. Portofolio antara peserta didik yang satu dan yang lain bisa sama dan bisa berbeda. Misalnya, untuk kemampuan menulis, peserta didik mengumpulkan karangannya. Sedangkan untuk kemampuan menggambar, peserta didik mengumpulkan gambar-gambar buatannya
3. Kumpulkan dan simpan karya-karya setiap peserta didik dalam satu map atau folder baik dirumah masing-masing atau loker masing-masing jika disediakan sekolah
4. Berilah tanggal pembuatan pada tiap bahan informasi perkembangan peserta didik sehingga dapat melihat perbedaan kualitas dari waktu ke waktu
5. Sebaiknya tentukan criteria penilaian contoh portofolio dan bobotnya dengan cara peserta didik sebelum mereka membuat karyanya. Diskusikan cara penilaian kualitas karya para peserta didik. Contoh, criteria penilaian kemampuan menulis karangan yaitu penggunaan tata bahasa, pemilihan kosakata, kelengkapan gagasan, dan sistematika penulisan. Dengan demikian peserta didik mengetahui harapan guru dan berusaha mencapai standar tersebut
6. Minta peserta didik menilai karyanya secara berkesinambungan. Guru dapat membimbing peserta didik bagaimana cara menilai dengan memberikan katerangan tentang kelebihan dan kekurangan karya tersebut, serta bagaimana cara memperbaikinya. Hal ini dapat dilakukan pada saat membahas portofolio
7. Setelah suatu karya dinilai dan nilainya belum memuaskan, maka peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaikinya. Namun, antara peserta didik dan guru perlu membuat kontrak atau perjanjian mengenai jangka waktu perbaikan, misalnya dalam 2 minggu karya yang telah diperbaiki harus diserahkan kepada guru
8. Bila perlu, jadwalkan pertemuan untuk membahas portofolio. Undanglah orangtua peserta didik dan beri penjelasan tentang maksud serta tujuan portofolio sehingga oragtua dapat membantu dan memotivasi anaknya