Mengidentifasi Anatomi dan Cara Kerja Form

1) Definisi dan fungsi form

Form merupakan salah satu bentuk halaman web yang digunakan untuk menerima masukan dari pengguna, untuk selanjutnya masukan dari pengguna tersebut diolah menggunakan bahasa pemrograman web, baik secara server side scripting(misalkan PHP, JSP) ataupun client-side scripting (javascript). Form dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti keperluan login, transaksi penjualan, mengumpulkan informasi atau meminta umpan balik dari pengguna, menawarkan barang/jasa secara on-line dan sebagainya. Form sangat sering kita jumpai dalam satu aplikasi sistem informasi berbasis web.

2) Anatomi dari form

Standard atau format umum penulisan dari form adalah sebagai berikut : 

<Form metode=”post/get” action=”….”> 
…… 
…… 
…… 
</form>

Berikut ini adalah beberapa variasi yang dapat diterapkan pada atribut<form> :

<FORM ACTION=action base> form tags </FORM> 
<FORM METHOD=method> form tags </FORM> 
<FORM ENCTYPE=media type> form tags </FORM> 
<FORM ACTION=action base TARGET="target window name"> form tags </FORM>
<FORM SCRIPT=URL> form tags </FORM>

Catatan : target window name diisikan berupa :

_blank
_self
_parent
_top

Di antara elemen <form> dan </form> digunakan elemen – elemen HTML <input> yang berfungsi untuk mendefinisikan input yang akan dimasukkan oleh pengguna. Format umum dari penulisan elemen HTML <input> adalah sebagai berikut :

<input 
     name="name" size="number" 
     type="text"|"checkbox"|"radio"|"submit"|"reset" 
     value="value" 
     checked >

Pada jenis masukan (input) dari halaman web minimal harus mempunyai atribut jenis (type), nama (name) dan nilai (value) default. Disamping atribut type, masing-masing elemen input memiliki atribut-atribut yang lain dan beberapa atribut tersebut berlaku untuk beberapa jenis elemen input. Sebagai contoh adalah elemen <input> yang atribut TYPE-nya adalah text memiliki atribut antara lain :

Name : untuk menamai kotak
Value : untuk menandai atau menampung teks
Size : mengatur ukuran teks pada kotak 
maxlength : menentukan panjang maksimum teks

Masing-masing jenis input memiliki karakteristik yang berbeda, dan pemilihan penggunaannya disesuaikan dengan kesesuaian nilai dari input data yang dikelola.


Berikut adalah salah satu contoh listing kode dari tag elemen 
form - input
Nama : <input type=”text” name=”fnama”><br>
<input name=”negara” value=”Indonesia”>
<input type=”submit” value=”Submit”>
</form>


3) Cara Kerja Form

Form HTML digunakan untuk melewatkan data dari klien ke server. Kerja Web bekerja didasarkan pada arsitektur client / server yang sangat dasar yang dapat diringkas sebagai berikut : klien (web browser ) mengirim permintaan ke server (misalnya apache , nginx , IIS , Tomcat , dan lain sebagainya ) , menggunakan protokol HTTP . Server menjawab requets dari form dengan menggunakan protokol yang sama .
Show Comments