C. Kontruksi Motor Induksi Tiga Phasa
Motor induksi terdiri dari dua bagian utama :
- Bagian yang tetap , disebut Stator
- Bagian yang bergerak , disebut Rotor
Dilihat dari konstrusi rotor motor induksi ada dua jenis :
- Motor rotor sangkar rangkaian rotor nya dihubung singkat.
- Motor cicincin luncur ( Slip ring motor ), mempunyai rotor lilit
Gambar 2-4. Kontruksi motor induksi. |
Stator terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
1. Rangka , adalah rangka tuang atau baja tuang
2. Inti stator yang berupa lembaran baja khusus yang dilaminasi untuk mengurangi kerugian inti dari arus pusar ( Eddy current ) dan dipres langsung pada rangka , inti stator dibuat alur-alur pada bagian dalam yang melingkar untuk penempatkan belitan / kumparan stator\
3. Belitan stator terdiri tiga belitan yang identik dengan belitan fasa dan ditempatkan pada 120 derajat listrik disekeliling stator. Masing-masing belitan terdiri dari sejumlah kumparan yang dihubungkan seri dan menghasilkan jumlah kutub perfasa yang dibutuhkan, Gambar 2-4, memperlihatkan konstruksi stator dan rotor sangkar. Gambar 2-5, memperlihatkan pelat nama motor induksi memampilkan informasi penting yang diperlukan untuk pemilihan dan aplikasi.
Gambar 2-5. Pelat nama motor induksi
|