Fungsi “Enclose”

Untuk memproteksi perangkat dari goncangan, perubahan cuacu yang drastis, dan dapat menjamin ketahanan terhadap suatu kondisi yang digunakan di industri, peralatan harus diletakan didalam kotak atau kabinet. Keunggulan ini untuk mempercepat waktu perakitan dan pemeliharaan.

Tergantung kepada derajat proteksi yang dibutuhkan, berdasakan lampiran standar yang ditentukan dan kode IP (International Protection). Kode IP diuraikan dalam dokumen publikasi 60529 International Electrotechnical Commission (IEC).

Dengan menggunakan metoda alpanumerik untuk menentukan tingkatan proteksi terhadap bagian yang berbahaya, penetrasi pada benda padat dan akibat air yang membahayakan.

Pemasang bertanggung jawab terhadap produk akhir yang mengikuti standar, tetapi dokumentasi yang dilampirkan oleh manufaktur harus merinci dimana perangkat terpasang untuk menjamin tingkatan proteksi yang harus dipertahankan.

Bagaimana pemasang menghubungkan (wiring) dan meletakan kabinet dan beberapa kasus untuk menyesuaikan komponen bantu (push bottom, alat-alat ukur dan sebagainya) juga harus menjamin tingkatan proteksi yang harus dipertahankan secara rinci.

Show Comments